Jurnal Refleksi Minggu ke-4
Jurnal Refleksi Minggu ke-4
Sabtu, 13 November 2021
Pendidikan Calon Guru Penggerak
telah memasuki akhir pekan ke-4. Awal pekan kami mulai dengan ruang kolaborasi.
Hari Senin, tanggal 8 November 2021 kami melakukan vidcon dalam satu fasilitator, kemudian kami dibagi menjadi dua kelompok kecil pada BOR 1 dan BOR 2. Dalam kelompok kecil itu kami diminta untuk berdiskusi mengenai peran dan nilai Guru Penggerak, pengalaman yang telah kami lakukan berkaitan dengan peran Guru Penggerak, nilai-nilai yang ada dalam pengalaman kami, dan strategi yang kami lakukan untuk pengalaman itu. Kelompok kami terdiri dari bu Nurul, pak Bana, dan pak Slamet berdiskusi tentang pengalaman-pengalaman kami yang berkaitan dengan peran guru penggerak; menjadi pemimpin pembelajaran, menggerakkan komunitas praktisi, menjadi coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi antar guru, dan mewujudkan kepemimpinan murid. Nilai guru penggerak; mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif, dan berpihak pada murid. Kami berdiskusi dengan google slide sehingga setiap anggota bisa mengedit slide yang sudah dibagikan. Kendala yang kami hadapi terletak pada ketidakcukupan waktu untuk mendesain tampilan powerpoint. Kami putuskan untuk mengerjakan diluar BOR. Kami juga diminta membuat poster tentang nilai dan peran Guru Penggerak. Kami bagi tugas untuk mengerjakan akhir tampilan PPT dan mendesain poster.
Hari Selasa, tanggal 9 November
2021 kami kembali melakukan vidcon pada ruang kolaborasi untuk presentasi hasil
diskusi pada hari Senin. Kami berbagi tugas. Bu Nurul sebagai moderator, saya
sebagai presenter, pak Bana dan pak Slamet sebagi pemberi tanggapan. Ketika
saya melakukan presentasi, saya tidak sadar bahwa presentasi saya belum di
slideshow jadi tambilan masih bentuk PPT. Saya meminta maaf kepada teman-teman
dan mereka sangat baik, bahkan tidak menganggap itu adalah suatu kesalahan. Saya
merasa sangat beruntung mempunyai teman satu kelompok yang begitu saling
menyemangati, saling membantu, saling menguatkan dengan prinsip maju bersama. Presentasi
kali ini tidak sebaik pada kolaborasi 1.1, karena jadwal padat dalam kegiatan
di sekolah masing-masing. Pelajaran yang saya dapat dalam kolaborasi kali ini
adalah ketika saya tidak mempersiapkan sesuatu dengan maksimal, maka hasilnya
pun kurang memuaskan.
Hari Rabu, tanggal 10 November
2021 saya melaksanakan refleksi terrbimbing dengan menjawab
pertanyaan-pertanyaan. Nilai diri saya adalah mandiri, reflektif, dan
kolaboratif. Saya merasa bangga karena yang ada beberapa hal yang telah saya
lakukan merupakan wujud dari nilai guru penggerak. Namun ada banyak hal dalam
diri saya berkaitan dengan nilai dari guru penggerak yang belum saya terapkan
sebagai pendidik. Seperti nilai inovatif dan berpihak pada murid. Bertambahnya
pengetahuan. Dengan mengetahui nilai dari guru penggerak saya yang semula tidak
tahu menjadi tahu. Dan dengan saya tahu saya bisa merefleksi yang telah saya
lakukan dan yang belum saya lakukan. Hambatan saya dalam memperkuat peran dan
nilai Guru Penggerak dalam diri saya adalah naik turunnya motivasi untuk
melaksanakan peran dan nilai guru pengerak.
Dari komunitas guru semapel. Ketika saya ingin menerapkan peran dan guru
penggerak dalam mapel, saya juga menginginkan guru semapel juga melakukan hal
yang mirip. Akan tetapi karena alasan usia, mereka kurang greget untuk
melaksanakan bersama. Kondisi PTM terbatas membuat saya terbentur untuk
mengembangkan pembelajaran yang saya rencanakan.
Hari Kamis, tanggal 11 November
2021 adalah demonstrasi kontekstual nilai dan peran Guru Penggerak. Setelah
melaksanakan PTM sampai jam 13.00, seperti biasa saya membuka LMS pada pukul
14.00. Setelah membaca seperti biasa saya membuat draft sesuai yang diminta.
Saya mencoba membuatnya di anyflip dengan tampilan PPT yang saya konversikan ke
pdf untuk diunggah pada flip. Pukul 16.30 flip sudah selesai dan siap
membagikan link di LMS. Namun ketika akan saya bagikan, tidak ada ruang untuk
menyisipkan tautan. Lalu saya pulang dan seperti biasa kehujanan. Ketika saya
membuka pesan pada pukul 19.00 ternyata instruksi nya adalah membuat karya dua
dimensi berupa ilustrasi manual/digital yang menggambarkan ketiga jawaban dari
pertanyaan di LMS. Saya pikir wah sia-sia saja ya?? Namun saya ambil hikmahnya
bahwa saya belajar membuat tampilan seperti buku di anyflip. cek di : https://anyflip.com/gbggq/pqpe/ Pada malam hari saya
kembali mendesain ilustrasi yang diminta, saya berusaha memenuhi dari instrumen
penilaian. Karena saya memang tidak begitu suka untuk menunda tugas.
Hari jumat, tanggal 12 November
2021 adalah lanjutan demonstrasi kontekstual. Setelah mendesain ilistrasi malam
sebelumnya, saya mengupload hari jumat ini. Saya ingin belajar lebih lanjut,
ingin mengeksplorasi media-media yang menarik namun minggu-minggu ini dan
minggu depan kegiatan disekolah sangat padat, mengajar 8 kelas matematika
selama 40 JP, membina lomba matematika tingkat kabupaten, dan persiapan PPPKS.
Hari sabtu, 13 November 2021
tibalah membuat jurnal refleksi. Semoga semangat tetap terjaga, masih tepat
waktu dalam menyelesaikan tugas, skala prioritas tetap menjadi kunci, stabil
dalam menjaga kecepatan dan ketepatan, yang terakhir tupoksi sebagai istri dan
ibu tiga anak tidak ditinggalkan.
Salam Guru Penggerak!!!
Semangat, sehat, dan bahagia!!!
Comments
Post a Comment