Jurnal Refleksi Minggu ke-4

 

Jurnal Refleksi Minggu ke-4

Sabtu, 13 November 2021

Pendidikan Calon Guru Penggerak telah memasuki akhir pekan ke-4. Awal pekan kami mulai dengan ruang kolaborasi.

            Hari Senin, tanggal 8 November 2021 kami melakukan vidcon dalam satu fasilitator, kemudian kami dibagi menjadi dua kelompok kecil pada BOR 1 dan BOR 2. Dalam kelompok kecil itu kami diminta untuk berdiskusi mengenai peran dan nilai Guru Penggerak, pengalaman yang telah kami lakukan berkaitan dengan peran Guru Penggerak, nilai-nilai yang ada dalam pengalaman kami, dan strategi yang kami lakukan untuk pengalaman itu. Kelompok kami terdiri dari bu Nurul, pak Bana, dan pak Slamet berdiskusi tentang pengalaman-pengalaman kami yang berkaitan dengan peran guru penggerak; menjadi pemimpin pembelajaran, menggerakkan komunitas praktisi, menjadi coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi antar guru, dan mewujudkan kepemimpinan murid. Nilai guru penggerak; mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif, dan berpihak pada murid. Kami berdiskusi dengan google slide sehingga setiap anggota bisa mengedit slide yang sudah dibagikan. Kendala yang kami hadapi terletak pada ketidakcukupan waktu untuk mendesain tampilan powerpoint. Kami putuskan untuk mengerjakan diluar BOR. Kami juga diminta membuat poster tentang nilai dan peran Guru Penggerak. Kami bagi tugas untuk mengerjakan akhir tampilan PPT dan mendesain poster.

            Hari Selasa, tanggal 9 November 2021 kami kembali melakukan vidcon pada ruang kolaborasi untuk presentasi hasil diskusi pada hari Senin. Kami berbagi tugas. Bu Nurul sebagai moderator, saya sebagai presenter, pak Bana dan pak Slamet sebagi pemberi tanggapan. Ketika saya melakukan presentasi, saya tidak sadar bahwa presentasi saya belum di slideshow jadi tambilan masih bentuk PPT. Saya meminta maaf kepada teman-teman dan mereka sangat baik, bahkan tidak menganggap itu adalah suatu kesalahan. Saya merasa sangat beruntung mempunyai teman satu kelompok yang begitu saling menyemangati, saling membantu, saling menguatkan dengan prinsip maju bersama. Presentasi kali ini tidak sebaik pada kolaborasi 1.1, karena jadwal padat dalam kegiatan di sekolah masing-masing. Pelajaran yang saya dapat dalam kolaborasi kali ini adalah ketika saya tidak mempersiapkan sesuatu dengan maksimal, maka hasilnya pun kurang memuaskan.

            Hari Rabu, tanggal 10 November 2021 saya melaksanakan refleksi terrbimbing dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan. Nilai diri saya adalah mandiri, reflektif, dan kolaboratif. Saya merasa bangga karena yang ada beberapa hal yang telah saya lakukan merupakan wujud dari nilai guru penggerak. Namun ada banyak hal dalam diri saya berkaitan dengan nilai dari guru penggerak yang belum saya terapkan sebagai pendidik. Seperti nilai inovatif dan berpihak pada murid. Bertambahnya pengetahuan. Dengan mengetahui nilai dari guru penggerak saya yang semula tidak tahu menjadi tahu. Dan dengan saya tahu saya bisa merefleksi yang telah saya lakukan dan yang belum saya lakukan. Hambatan saya dalam memperkuat peran dan nilai Guru Penggerak dalam diri saya adalah naik turunnya motivasi untuk melaksanakan peran dan nilai guru pengerak.  Dari komunitas guru semapel. Ketika saya ingin menerapkan peran dan guru penggerak dalam mapel, saya juga menginginkan guru semapel juga melakukan hal yang mirip. Akan tetapi karena alasan usia, mereka kurang greget untuk melaksanakan bersama. Kondisi PTM terbatas membuat saya terbentur untuk mengembangkan pembelajaran yang saya rencanakan.

            Hari Kamis, tanggal 11 November 2021 adalah demonstrasi kontekstual nilai dan peran Guru Penggerak. Setelah melaksanakan PTM sampai jam 13.00, seperti biasa saya membuka LMS pada pukul 14.00. Setelah membaca seperti biasa saya membuat draft sesuai yang diminta. Saya mencoba membuatnya di anyflip dengan tampilan PPT yang saya konversikan ke pdf untuk diunggah pada flip. Pukul 16.30 flip sudah selesai dan siap membagikan link di LMS. Namun ketika akan saya bagikan, tidak ada ruang untuk menyisipkan tautan. Lalu saya pulang dan seperti biasa kehujanan. Ketika saya membuka pesan pada pukul 19.00 ternyata instruksi nya adalah membuat karya dua dimensi berupa ilustrasi manual/digital yang menggambarkan ketiga jawaban dari pertanyaan di LMS. Saya pikir wah sia-sia saja ya?? Namun saya ambil hikmahnya bahwa saya belajar membuat tampilan seperti buku di anyflip. cek di : https://anyflip.com/gbggq/pqpe/ Pada malam hari saya kembali mendesain ilustrasi yang diminta, saya berusaha memenuhi dari instrumen penilaian. Karena saya memang tidak begitu suka untuk menunda tugas.

            Hari jumat, tanggal 12 November 2021 adalah lanjutan demonstrasi kontekstual. Setelah mendesain ilistrasi malam sebelumnya, saya mengupload hari jumat ini. Saya ingin belajar lebih lanjut, ingin mengeksplorasi media-media yang menarik namun minggu-minggu ini dan minggu depan kegiatan disekolah sangat padat, mengajar 8 kelas matematika selama 40 JP, membina lomba matematika tingkat kabupaten, dan persiapan PPPKS.

            Hari sabtu, 13 November 2021 tibalah membuat jurnal refleksi. Semoga semangat tetap terjaga, masih tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, skala prioritas tetap menjadi kunci, stabil dalam menjaga kecepatan dan ketepatan, yang terakhir tupoksi sebagai istri dan ibu tiga anak tidak ditinggalkan.

Salam Guru Penggerak!!!

Semangat, sehat, dan bahagia!!!

Comments

Popular posts from this blog

Merencanakan Aksi Nyata P5 Tema 2 Topik 2: Pemanfaatan Sampah di SMP Negeri 1 Boyolali

1.4.a.6.1 Refleksi Terbimbing-Budaya Positif