MATERI 1 BILANGAN BULAT


Selamat datang di blog nya bu Okta anak-anak Negsa yang tercinta😊

Blog ini kita gunakan untuk belajar materi pada mata pelajaran Matematika untuk peserta didik SMP Negeri 1 Boyolali selama kegiatan Belajar Di Rumah untuk mencegah penyebaran COVID-19 dan demi keselamatan kita bersama ya gaezz...

Pada materi 1 ini kita akan belajar tentang bilangan bulat, kita mengenal dulu Kompetensi Dasar materi ini.

Kompetensi Dasar untuk penilaian pengetahuan dan keterampilan:

3.1  Menjelaskan dan menentukan urutan pada bilangan bulat (positif dan negatif) dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen)

4.1  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan bulat dan pecahan (biasa campuran, desimal, persen)

Yukkk kita mulai belajar, perhatikan yess!!!

 

BILANGAN BULAT

1.   Perhatikan garis bilangan berikut!

 

     Bilangan bulat terdiri atas:

a.    Bilangan bulat positif 1, 2, 3, 4, ...

b.    Bilangan netral: 0

c.    Bilangan bulat negatif: ..., –4, –3, –2, –1

Bilangan lain yang ada dalam bilangan bulat adalah:

a.    Bilangan cacah: 0, 1, 2, 3, ...

b.    Bilangan asli: 1, 2, 3, 4, ...

c.    Bilangan ganjil: 1, 3, 5, 7, 9, ...

d.    Bilangan genap: 2, 4, 6, 8, ...

e.    Bilangan prima: 2, 3, 5, 7, 11, 13, ...

f.     Bilangan komposit: 4, 6, 8, 9, 10, 12, 14, ...

g.    Bilangan cacah kuadrat: 0, 1, 4, 9, 16, ...

 

v  Bilangan Bulat Negatif


Perhatikan gambar diatas!

Jika permukaan air laut dinyatakan 0 meter maka tinggi di atas permukaan laut dinyatakan dengan bilangan positif dan kedalaman di bawah permukaan laut dinyatakan dengan bilangan negatif. Misalnya, kedalaman 10 m di bawah permukaan laut ditulis -10 m.

2.    💞Membandingkan Bilangan Bulat

   Perhatikan garis bilangan berikut!


Dari gambar garis bilangan diatas maka:

a.    7 > 4, karena 7 terletak di sebelah kanan 4

b.    0 < 1, karena 0 terletak di sebelah kiri 0

c.    –5 < –2, karena –5 terletak di sebelah kiri –2

d.    –2 > –3, karena –2 terletak di sebelah kanan –3

3.    Mengurutkan Bilangan Bulat

Semakin ke kanan letak suatu bilangan nilai nya semakin besar

Contoh 1:

Urutkan bilangan: 5, 7, –2, 0, –1 dari yang terkecil!

Jawab 1:

Urutan naik (dari kecil ke besar – dari kiri ke kanan pada garis bilangan) : –2, –1, 0, 5, 7

Contoh 2:

Urutkan turun bilangan: –9, –15, 2, –1, 0 !

Jawab 2:

Urutan turun(dari besar ke kecil – dari kanan ke kiri pada garis bilangan): 2, 0, –1, –9, –15

4.    Penjumlahan dan Sifat-sifatnya

a  a + (–b) = a – b

Contoh: 8 + (–12) = 8 – 12 = –4

Sifat-sifat penjumlahan:

a. Komutatif: a + b = b + a

b. Assosiatif: (a + b) + c = a + (b + c)

c. Tertutup: misal  dan  bilangan bulat, maka  juga bilangan bulat

d. Memiliki unsur identitas: , maka 0 disebut identitas penjumlahan

e. Invers penjumlahan: , maka  disebut invers penjumlahan dari

5.        Pengurangan

Pengurangan merupakan lawan (invers) dari penjumlahan

Contoh: 8 – 2 = 8 + (–2) = 6

6.    Menentukan nilai

Contoh: jika x = 4, y = –1 dan z = 2, tentukan nilai dari 3x + 4y – z!

Jawab: = 3x + 4y – z

       = 3 (4) + 4 (–1) – 2

       = 12 – 4 – 2

       = 6

Kalian juga bisa mencari informasi dari sumber belajar lainnya ya misal dari buku, paket, buku pendamping, buku Matematika lain, lingkungan sekitar dan dari internet.

Selanjutnya yukkk kita cek pemahaman kalian dengan mengerjakan tugas 1


Comments

Popular posts from this blog

Merencanakan Aksi Nyata P5 Tema 2 Topik 2: Pemanfaatan Sampah di SMP Negeri 1 Boyolali

1.4.a.6.1 Refleksi Terbimbing-Budaya Positif

Jurnal Refleksi Minggu ke-4