MATERI 1 BILANGAN BULAT
Selamat datang
di blog nya bu Okta anak-anak Negsa yang tercinta😊
Blog ini kita gunakan untuk belajar materi pada mata pelajaran Matematika untuk peserta didik SMP Negeri 1 Boyolali selama kegiatan Belajar Di Rumah untuk mencegah penyebaran COVID-19 dan demi keselamatan kita bersama ya gaezz...
Pada materi 1 ini kita akan belajar tentang bilangan bulat, kita mengenal dulu Kompetensi Dasar materi ini.
Kompetensi Dasar untuk penilaian pengetahuan dan keterampilan:
3.1 Menjelaskan dan menentukan urutan pada bilangan bulat (positif dan negatif) dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen)
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan bulat dan pecahan (biasa campuran, desimal,
persen)
Yukkk kita mulai belajar, perhatikan yess!!!
BILANGAN BULAT
1. Perhatikan garis bilangan berikut!
Bilangan bulat terdiri atas:
a. Bilangan
bulat positif 1, 2, 3, 4, ...
b. Bilangan
netral: 0
c. Bilangan bulat negatif: ..., –4, –3, –2, –1
Bilangan lain yang ada dalam bilangan bulat adalah:
a. Bilangan
cacah: 0, 1, 2, 3, ...
b. Bilangan
asli: 1, 2, 3, 4, ...
c. Bilangan
ganjil: 1, 3, 5, 7, 9, ...
d. Bilangan
genap: 2, 4, 6, 8, ...
e. Bilangan
prima: 2, 3, 5, 7, 11, 13, ...
f. Bilangan
komposit: 4, 6, 8, 9, 10, 12, 14, ...
g. Bilangan
cacah kuadrat: 0, 1, 4, 9, 16, ...
v Bilangan Bulat Negatif
Perhatikan
gambar diatas!
Jika
permukaan air laut dinyatakan 0 meter maka tinggi di atas permukaan laut
dinyatakan dengan bilangan positif dan kedalaman di bawah permukaan laut
dinyatakan dengan bilangan negatif. Misalnya, kedalaman 10 m di bawah permukaan
laut ditulis -10 m.
2. 💞Membandingkan
Bilangan Bulat
Perhatikan garis bilangan berikut!
Dari gambar garis bilangan diatas maka:
a. 7
> 4, karena 7 terletak di sebelah kanan
4
b. 0
< 1, karena 0 terletak di sebelah kiri
0
c. –5
< –2, karena –5 terletak di sebelah kiri
–2
d. –2
> –3, karena –2 terletak di sebelah kanan
–3
3. Mengurutkan
Bilangan Bulat
Semakin ke kanan letak suatu bilangan
nilai nya semakin besar
Contoh 1:
Urutkan bilangan: 5, 7, –2, 0, –1 dari
yang terkecil!
Jawab 1:
Urutan naik (dari kecil ke besar – dari kiri
ke kanan pada garis bilangan) : –2, –1, 0, 5, 7
Contoh 2:
Urutkan turun bilangan: –9, –15, 2, –1,
0 !
Jawab 2:
Urutan turun(dari besar ke kecil – dari kanan
ke kiri pada garis bilangan): 2, 0, –1, –9, –15
4. Penjumlahan
dan Sifat-sifatnya
a a + (–b) = a – b
a Contoh: 8 + (–12) = 8 – 12 = –4
Sifat-sifat penjumlahan:
a. Komutatif: a + b = b + a
b. Assosiatif: (a + b) + c = a + (b + c)
c. Tertutup:
misal
d. Memiliki
unsur identitas:
e. Invers
penjumlahan:
5. Pengurangan
Pengurangan merupakan lawan (invers)
dari penjumlahan
Contoh: 8 – 2 = 8 + (–2) = 6
6. Menentukan
nilai
Contoh: jika x = 4, y = –1 dan z = 2,
tentukan nilai dari 3x + 4y – z!
Jawab: = 3x + 4y – z
=
3 (4) + 4 (–1) – 2
=
12 – 4 – 2
=
6
Kalian
juga bisa mencari informasi dari sumber belajar lainnya ya misal dari buku,
paket, buku pendamping, buku Matematika lain, lingkungan sekitar dan dari
internet.
Selanjutnya yukkk kita cek pemahaman kalian dengan mengerjakan tugas 1
Comments
Post a Comment