1.2.a.6 Refleksi Mandiri

Assalamualaikum wr.wb.

Bertemu lagi dengan saya di blog ini ya,
kali ini saya akan menulis berkaitan dengan tugas 1.2.a.6 Refleksi Terbimbing.
Ada pertanyaan-pertanyaan yang harus saya jawab, yaitu:
1.    Apa saja nilai diri saya? (yang terdapat pada bagian mulai dari diri)
2.    Apa yang saya rasakan setelah mengetahui nilai dari Guru Penggerak? Jelaskan!
3.    Apa saja nilai diri Guru Penggerak yang sudah saya miliki sekarang? 
4.    Diantara nilai-nilai yang sudah saya pelajari, nilai apa yang saya rasa perlu saya kuatkan? jelaskan!
5.    Apa yang saya rasakan setelah mengetahui peran dari seorang Guru Penggerak?
6.    Apa yang bisa saya lakukan (khusus untuk diri saya) untuk menguatkan peran dan nilai Guru Penggerak?
7.    Apa yang akan menghambat saya dalam memperkuat peran dan nilai Guru Penggerak dalam diri saya?


Saya akan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut,
Bismillah...
1. Nilai diri saya adalah mandiri, reflektif, dan kolaboratif.
2. Setelah mengetahui nilai dari Guru Penggerak, saya merasa:
Saya merasa bangga karena yang ada beberapa hal yang telah saya lakukan merupakan wujud dari nilai guru penggerak. Namun ada banyak hal dalam diri saya berkaitan dengan nilai dari guru penggerak yang belum saya terapkan sebagai pendidik. Seperti nilai inovatif dan berpihak pada murid.
Bertambahnya pengetahuan. Dengan mengetahui nilai dari guru penggerak saya yang semula tidak tahu menjadi tahu. Dan dengan saya tahu saya bisa merefleksi yang telah saya lakukan dan yang belum saya lakukan.


3. Nilai diri Guru Penggerak yang sudah saya miliki sekarang adalah: Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, Inovatif, Berpihak pada Murid


4. Nilai yang perlu saya kuatkan adalah: Kolaboratif, Inovatif, dan Berpihak pada Murid.
Kolaboratif. Sebagai Guru Penggerak saya merasa tidak sering berkolaborasi dengan pihak lain. Misalnya dalam pembelajaran saya terlalu fokus kepada saya dan mata pelajaran yang saya ampu. Padalah, ada banyak ruang untuk berkolaborasi antar mapel.
Inovatif. Saya merasa kurang melakukan sesuatu yang inovatif pada setiap saya melaksanakan pembelajaran dikelas. Saya memang merancang pembelajaran, dan nilai inovatif tidak selalu bisa saya terapkan pada kelas saya.
Berpihak pada murid. Nilai berpihak pada murid belum sepenuhnya saya laksanakan karena terkadang berbenturan pada tujuan pembelajaran yang sesuai dengan silabus


5. Setelah saya mengetahui peran dari seorang Guru Penggerak, saya merasa:
Saya senang karena yang sudah saya laksanakan ternyata merupakan peran guru penggerak, yaitu memimpin pembelajaran, menjadi coach bagi guru lain, menggerakkan komunitas praktisi.
Saya termotivasi untuk melaksanakan peran guru penggerak yang belum saya laksanakan dalam pembelajaran.


6. Untuk menguatkan peran dan nilai Guru Penggerak saya melakukan:
Mengkondisikan pembelajaran yang nyaman, kondusif, sehingga murid menikmati proses pembelajaran. Dengan begitu peran guru penggerak sebagai pemimpin pembelajaran dan mewujudkan kepemimpinan murid, serta nilai berpihak pada murid dapat terwujud.
Berkolaborasi dengan guru lain untuk membuat media pembelajaran yang memudahkan murid memahami konsep. Setelah terlaksana, menjadi coach bagi guru lain untuk menggunakan media pembelajaran yang telah dibuat. Dengan peran-peran tersebut, secara langsung juga menguatkan nilai mandiri, inovatif, dan kolaboratif.


7. Hambatan saya dalam memperkuat peran dan nilai Guru Penggerak dalam diri saya adalah:
Dari diri sendiri, naik turunnya motivasi untuk melaksanakan peran dan nilai guru pengerak.
Dari komunitas guru semapel. Ketika saya ingin menerapkan peran dan guru penggerak dalam mapel, saya juga menginginkan guru semapel juga melakukan hal yang mirip. Akan tetapi karena alasan usia, mereka kurang greget untuk melaksanakan bersama.
Kondisi PTM terbatas membuat saya terbentur untuk mengembangkan pembelajaran yang saya rencanakan.

Demikian ulasan mengenai refleksi mandiri 1.1.a.6 yang saya bagikan.
salam sehat, semangat, dan bahagia!!!

wassalamualaikum wr.wb


Comments

Popular posts from this blog

Merencanakan Aksi Nyata P5 Tema 2 Topik 2: Pemanfaatan Sampah di SMP Negeri 1 Boyolali

1.4.a.6.1 Refleksi Terbimbing-Budaya Positif

Jurnal Refleksi Minggu ke-4