1.3.a.9 Koneksi Antar Materi (Tabel BAGJA mewujudkan Visi)
Bismillahirrahmanirrahiim...
Rumusan Visi:
Terwujudnya Generasi dengan Profil Pelajar Pancasila,
Berwawasan IPTEK dan Peduli Lingkungan Hidup
Indikator Visi:
Visi |
Indikator |
Terwujudnya generasi
dengan profil pelajar pancasila |
Memiliki keimanan, ketaqwaan kepada Tuhan YME
dan berakhlak mulia Memiliki kecintaan terhadap budaya dan
kebhinekaan global Memiliki karakter kreatif dan bernalar kritis Memiliki kemandirian belajar dan gotong
royong |
Berwawasan IPTEK |
Menguasai ilmu
pengetahuan dan teknologi sesuai dengan kecakapan hidup abad 21 |
Peduli lingkungan
hidup |
Mewujudkan
lingkungan sekolah yang bersih, hijau, dan sehat Mewujudkan
pelestarian lingkungan hidup |
Rancangan Strategi Perubahan
PRAKARSA PERUBAHAN |
Strategi Mewujudkan Visi: Terwujudnya Generasi dengan Profil Pelajar Pancasila,
Berwawasan IPTEK dan Peduli Lingkungan Hidup |
|
TAHAPAN |
Pertanyaan |
Daftar
tindakan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan |
B-uat
pertanyaan (Define) |
Profil
Pelajar Pancasila apa saja yang sudah dilaksanakan di sekolah? Bagaimana
penguasaan IPTEK oleh murid disekolah? Bagaimana
bentuk kepedulian lingkungan hidup yang sudah dilaksanakan di sekolah? |
Mengamati
dan mengidentifikasi aktivitas murid di dalam maupun diluar pembelajaran |
A-mbil
pelajaran (Discover) |
Profil
pelajar apa saja yang perlu dikuatkan dan yang harus dimunculkan? Apakah
manfaat penggunaan IPTEK bagi murid terhadap kehidupannya? Bagaimana
siswa secara sadar diri melaksanakan bentuk peduli lingkungan hidup? |
Menyusun
rencana kegiatan pembelajaran di dalam maupun di luar kelas yang dapat
menguatkan dan memunculkan Profil Pelajar Pancasila Membuat
angket yang berisi manfaat penggunaan IPTEK oleh murid terhadap kehidupan
sehari-hari, khususnya ketika kegiatan di sekolah. Memberikan
aksi nyata bahwa bentuk peduli lingkungan hidup dapat dilaksanakan tanpa
harus mengikuti program sekolah. |
G-ali
mimpi (Dream) |
Apakah
yang akan terjadi jika semua Profil Pelajar Pancasila dimiliki seluruh murid? Apakah
yang akan terjadi jika penguasaan IPTEK digunakan dalam hal-hal positif oleh
murid? Apakah
yang akan terjadi jika sikap dan tindakan peduli lingkunan hidup dilaksanakan
oleh murid secara mandiri? |
Terwujudnya
generasi dengan Profil Pelajar Pancasila, Berwawasan IPTEK, dan Peduli
Lingkungan Hidup |
J-abarkan
rencana (Design) |
Apakah
langkah yang paling sederhana yang bisa saya lakukan untuk mewujudkan murid
dengan Profil Pelajar Pancasila, berwawasan IPTEK, dan peduli lingkungan
hidup? |
Menyusun
rencana pelaksanaan pembelajaran yang berpusat ke murid Menyisipkan
aktivitas-aktivitas yang menumbuhkan karakter Profil Pelajar Pancasila Menintegrasikan
materi pelajaran terhadap ilmu pengetahuan di dunia nyata Menggunakan
media pembelajaran yang berbasis teknologi Menyusun
kegiatan yang melibatkan murid terhadap lingkungan sekitar sekolah |
A-tur
eksekusi (Deliver) |
Siapakah
yang bisa mengarahkan dan memantau saya dalam
mewujudkan murid dengan Profil Pelajar Pancasila, berwawasan IPTEK,
dan peduli lingkungan hidup? Siapa
saja yang akan saya libatkan dalam mewujudkan mimpi saya ini? Kapan
kegiatan ini akan mulai dilakukan? |
Mengajak
Kepala Sekolah, WakaKur, WakaKesiswaan, dan
guru-guru dalam menyusun rencana kegiatan saya, kemudian mengobservasi
kegiatan tersebut secara berkala Hari
efektif semester genap tahun pelajaran 2021/2022 |
Comments
Post a Comment