1.3.a.9 Koneksi Antar Materi (Tabel BAGJA mewujudkan Visi)

 Bismillahirrahmanirrahiim...

 Assalamualaikum wr.wb

Pada materi 1.3.a.9 saya akan mencoba membuat koneksi antar materi modul 1.3 dan membuat tabel BAGJA untuk mewujudkan visi saya sebagai Guru Penggerak.

Koneksi antar materi



Rumusan Visi:

Terwujudnya Generasi dengan Profil Pelajar Pancasila, Berwawasan IPTEK dan Peduli Lingkungan Hidup

Indikator Visi:

Visi

Indikator

Terwujudnya generasi dengan profil pelajar pancasila

Memiliki keimanan, ketaqwaan kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia

Memiliki kecintaan terhadap budaya dan kebhinekaan global

Memiliki karakter kreatif dan bernalar kritis

Memiliki kemandirian belajar dan gotong royong

Berwawasan IPTEK

Menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan kecakapan hidup abad 21

Peduli lingkungan hidup

Mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih, hijau, dan sehat

Mewujudkan pelestarian lingkungan hidup

 

Rancangan Strategi Perubahan

PRAKARSA

PERUBAHAN

Strategi Mewujudkan Visi:

Terwujudnya Generasi dengan Profil Pelajar Pancasila, Berwawasan IPTEK dan Peduli Lingkungan Hidup 

TAHAPAN

Pertanyaan

Daftar tindakan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan

B-uat pertanyaan (Define)

Profil Pelajar Pancasila apa saja yang sudah dilaksanakan di sekolah?

 

Bagaimana penguasaan IPTEK oleh murid disekolah?

 

Bagaimana bentuk kepedulian lingkungan hidup yang sudah dilaksanakan di sekolah?

Mengamati dan mengidentifikasi aktivitas murid di dalam maupun diluar pembelajaran

A-mbil pelajaran (Discover)

Profil pelajar apa saja yang perlu dikuatkan dan yang harus dimunculkan?

 

Apakah manfaat penggunaan IPTEK bagi murid terhadap kehidupannya?

 

Bagaimana siswa secara sadar diri melaksanakan bentuk peduli lingkungan hidup? 

Menyusun rencana kegiatan pembelajaran di dalam maupun di luar kelas yang dapat menguatkan dan memunculkan Profil Pelajar Pancasila

Membuat angket yang berisi manfaat penggunaan IPTEK oleh murid terhadap kehidupan sehari-hari, khususnya ketika kegiatan di sekolah.

Memberikan aksi nyata bahwa bentuk peduli lingkungan hidup dapat dilaksanakan tanpa harus mengikuti program sekolah.

G-ali mimpi (Dream)

Apakah yang akan terjadi jika semua Profil Pelajar Pancasila dimiliki seluruh murid?

 

Apakah yang akan terjadi jika penguasaan IPTEK digunakan dalam hal-hal positif oleh murid?

 

Apakah yang akan terjadi jika sikap dan tindakan peduli lingkunan hidup dilaksanakan oleh murid secara mandiri?

Terwujudnya generasi dengan Profil Pelajar Pancasila, Berwawasan IPTEK, dan Peduli Lingkungan Hidup

J-abarkan rencana (Design)

Apakah langkah yang paling sederhana yang bisa saya lakukan untuk mewujudkan murid dengan Profil Pelajar Pancasila, berwawasan IPTEK, dan peduli lingkungan hidup?

Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang berpusat ke murid

Menyisipkan aktivitas-aktivitas yang menumbuhkan karakter Profil Pelajar Pancasila

Menintegrasikan materi pelajaran terhadap ilmu pengetahuan di dunia nyata

Menggunakan media pembelajaran yang berbasis teknologi

Menyusun kegiatan yang melibatkan murid terhadap lingkungan sekitar sekolah

A-tur eksekusi (Deliver)

Siapakah yang bisa mengarahkan dan memantau saya dalam  mewujudkan murid dengan Profil Pelajar Pancasila, berwawasan IPTEK, dan peduli lingkungan hidup?

 

Siapa saja yang akan saya libatkan dalam mewujudkan mimpi saya ini?

 

Kapan kegiatan ini akan mulai dilakukan?

Mengajak Kepala Sekolah, WakaKur, WakaKesiswaan, dan  guru-guru dalam menyusun rencana kegiatan saya, kemudian mengobservasi kegiatan tersebut secara berkala

 

 

 

               

Hari efektif semester genap tahun pelajaran 2021/2022

Demikian paparan dari saya mengenai koneksi antar materi Visi Guru Penggerak pada 1.3.a.9

semoga bermanfaat.

wassalamualaikum wr.wb.

 

Comments

Popular posts from this blog

Merencanakan Aksi Nyata P5 Tema 2 Topik 2: Pemanfaatan Sampah di SMP Negeri 1 Boyolali

1.4.a.6.1 Refleksi Terbimbing-Budaya Positif

Jurnal Refleksi Minggu ke-4