Jurnal Refleksi Minggu ke-9

 

Assalamualaikum wr.wb.

Jurnal refleksi minggu ke-9

Setelah melalui paket modul 1, saya memasuki materi paket modul 2 Program Pendidikan Guru Penggerak angkatan ke-4.

Sama seperti alur MERDEKA, pada modul 2.1 ini diawali dengan mulai dari diri yaitu menjawab pertanyaa yang terkait dengan pembelajaran berdiferensiasi, menonton sebuah video yang berjudul Sekolah Hewan dan memberikan pendapat tentang video tersebut, kemuadian menuliskan pertanyaan-pertanyaan yang saat ini saya miliki terkait dengan pembelajaran berdiferensiasi.

Hari berikutnya adalah eksplorasi konsep. Kami diminta untuk bereksplorasi 17 halaman berkaitan dengan pembelajaran berdiferensiasi. Kebutuhan belajar individu murid (kesiapan belajar, minat belajar, dan profil belajar) dan cara mengidentifikasi serta memetakan kebutuhan belajar murid.

Eksplorasi konsep forum diskusi, kami diminta menyimak 2 video dari instruktur. Video yang pertama berisi kebutuhan belajar murid yang berkaitan dengan strategi diferensiasi (konten, proses, dan produk). Video yang kedua adalah lingkungan belajar yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi. Kami juga diminta untuk membaca artikel peran penilaian dalam pembelajaran berdiferensiasi.

Eksplorasi konsep unggah tugas. Kami diminta untuk membuat diagram Frayer yang berisi kesimpulan dari pemahaman saya tentang pembelajaran berdiferensiasi. Definisi, ciri-ciri, contoh, dan bukan contoh.

Ruang kolaborasi 1. Kami dibagi menjadi empat kelompok. Setiap kelompok membuat rancangan pembelajaran berdiferensiasi. Ada contoh-contoh kasus, contoh rpp daring maupun luring. Namun kami dibebaskan jika menginginkan kasus sendiri. Ketika sedang berdiskusi, sinyal menjadi kendala seorang rekan, lima belas menit beliau mencari sinyal, dari rumah, ke masjid, sampai di dekat pasar, wah saya salut dengan perjuangan beliau.

Ruang kolaborasi 2. Kami mempresentasikan hasil diskusi menyusun rencana pembelajaran berdiferensiasi. Saliing berbagi, diskusi, tarik ulur, hingga mencapai satu pemahaman tentang pembelajaran berdiferensiasi.

Refleksi terbimbing. Kami diminta untuk merefleksi terkait dengan apa yang telah kami pelajari dan dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang terkait dengan pembelajaran di kelas. Apa yang sulit diterapkan? Dan dukungan yang saya perlukan. Fasilitator memberikan tenggapan yang sangat memotivasi saya. Bahwa semua berasal dari kekuatan yang ada pada diri saya sendiri.

Demonstrasi kontekstual. Kami diminta untuk menyusun rencana pembelajaran secara lengkap, mulai memetakan kebutuhan belajar murid, membuat strategi, penilaian, lengkap dengan instrumennya.

Sejauh ini materi yang saya rasa berat diawal perlahan memudar, mulai menemukan lagi irama dari PPGP ini. Memetakan kebutuhan belajar dan menyusun strategi itu hal menarik untuk saya.

Sekian jurnal refleksi saya, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb.

 


Comments

Popular posts from this blog

Merencanakan Aksi Nyata P5 Tema 2 Topik 2: Pemanfaatan Sampah di SMP Negeri 1 Boyolali

1.4.a.6.1 Refleksi Terbimbing-Budaya Positif

Jurnal Refleksi Minggu ke-4