Jurnal Refleksi Minggu ke-9
Assalamualaikum
wr.wb.
Jurnal
refleksi minggu ke-9
Setelah
melalui paket modul 1, saya memasuki materi paket modul 2 Program Pendidikan
Guru Penggerak angkatan ke-4.
Sama
seperti alur MERDEKA, pada modul 2.1 ini diawali dengan mulai dari diri yaitu
menjawab pertanyaa yang terkait dengan pembelajaran berdiferensiasi, menonton
sebuah video yang berjudul Sekolah Hewan dan memberikan pendapat tentang
video tersebut, kemuadian menuliskan pertanyaan-pertanyaan yang saat ini saya
miliki terkait dengan pembelajaran berdiferensiasi.
Hari
berikutnya adalah eksplorasi konsep. Kami diminta untuk bereksplorasi 17
halaman berkaitan dengan pembelajaran berdiferensiasi. Kebutuhan belajar
individu murid (kesiapan belajar, minat belajar, dan profil belajar) dan cara
mengidentifikasi serta memetakan kebutuhan belajar murid.
Eksplorasi
konsep forum diskusi, kami diminta menyimak 2 video dari instruktur. Video yang
pertama berisi kebutuhan belajar murid yang berkaitan dengan strategi
diferensiasi (konten, proses, dan produk). Video yang kedua adalah lingkungan
belajar yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi. Kami juga diminta untuk membaca
artikel peran penilaian dalam pembelajaran berdiferensiasi.
Eksplorasi
konsep unggah tugas. Kami diminta untuk membuat diagram Frayer yang berisi kesimpulan
dari pemahaman saya tentang pembelajaran berdiferensiasi. Definisi,
ciri-ciri, contoh, dan bukan contoh.
Ruang
kolaborasi 1. Kami dibagi menjadi empat kelompok. Setiap kelompok membuat
rancangan pembelajaran berdiferensiasi. Ada contoh-contoh kasus, contoh rpp
daring maupun luring. Namun kami dibebaskan jika menginginkan kasus sendiri. Ketika
sedang berdiskusi, sinyal menjadi kendala seorang rekan, lima belas menit
beliau mencari sinyal, dari rumah, ke masjid, sampai di dekat pasar, wah saya salut
dengan perjuangan beliau.
Ruang
kolaborasi 2. Kami mempresentasikan hasil diskusi menyusun rencana pembelajaran
berdiferensiasi. Saliing berbagi, diskusi, tarik ulur, hingga mencapai satu
pemahaman tentang pembelajaran berdiferensiasi.
Refleksi
terbimbing. Kami diminta untuk merefleksi terkait dengan apa yang telah kami
pelajari dan dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang terkait dengan
pembelajaran di kelas. Apa yang sulit diterapkan? Dan dukungan yang saya
perlukan. Fasilitator memberikan tenggapan yang sangat memotivasi saya. Bahwa semua
berasal dari kekuatan yang ada pada diri saya sendiri.
Demonstrasi
kontekstual. Kami diminta untuk menyusun rencana pembelajaran secara lengkap,
mulai memetakan kebutuhan belajar murid, membuat strategi, penilaian, lengkap
dengan instrumennya.
Sejauh
ini materi yang saya rasa berat diawal perlahan memudar, mulai menemukan lagi
irama dari PPGP ini. Memetakan kebutuhan belajar dan menyusun strategi itu hal
menarik untuk saya.
Sekian
jurnal refleksi saya, semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum
wr.wb.
Comments
Post a Comment